--> Waspada!! Mengkonsumsi Selada Mentah | Literaturkesehatan

Artikel tentang kesehatan dalam kehidupan sehari hari, cara hidup sehat yang sederhana, cara menjaga pola hidup sehat, cara mengajari anak untuk belajar hidup sehat, cara hidup sehat dengan senam otak, cara menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan, tips hidup sehat dan cara mudah untuk awet muda, jalani gaya hidup sehat, mengintip gaya hidup sehat bos bos tajir, gampang banget 4 tips untuk memulai gaya hidup sehat

Tuesday, October 16, 2018

Waspada!! Mengkonsumsi Selada Mentah

| Tuesday, October 16, 2018

Selada merupakan sayuran yang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia, baik kalangan bawah maupun kalangan atas. Pada kalangan masyarakat mengkonsumsi selada sering kali di jadikan sebagai lalapan. Daun-daun selada yang di hidangkan juga di jadikan sebagai teman dalam berbagai jenis santapan.

Daun selada kaya akan manfaat bagi kesehatan, mengkonsumsi jenis sayuran ini tentu saja akan memberikan dampak yang besar untuk kesehatan tubuh. Namun, banyak masyarakat tidak mengetahui kualitas sayur selada yang di konsumsinya. Kebanyakan masyarakat mengkonsumsi  selada mentah, dan tidak mengetahui efek dari konsumsi tersebut.


Menurut penelitian Ramadhani dkk., karena rendahnya kualitas mikroba selada Indonesia, maka konsumsi selada rentan terhadap kontaminasi bakteri patogen. Dalam penelitiannya, ia mendeskripsikan kualitas bakteriologis selada dengan mengidentifikasi keberadaan Salmonella pada selada yang dijual di pasar grosir.

Selada memang sangat mudah di temukan dan sering kali kita jumpai, di jual pada pasar-pasar  modern  maupun tradisional, akan tetapi banyak orang yang tidak mengetahui kualitasnya baik atau burukkah? sanitasi dan hygiene, dari segi kualiatas lingkungan, kesehatan pedagang maupun kualitas sayur yang di jualnya. Oleh karena itu, selada berpotensi menjadi sumber infeksi yang menyebarkan berbagai mikroorganisme patogen ke manusia.

Selanjutnya berdasarkan penelitian Ramadhani, juga melaporkan tentang  status jumlah kuman total  pada selada di tingkat pedagang. Telah di dapatkan jumlah kuman total pada selada termasuk tinggi. Sehingga hal ini menunjukkan adanya kontaminasi mikroba pada selada. Jumlah total bakteri dalam makanan merupakan salah satu parameter dasar kualitas bakteriologis makanan.

Dari penelitian tersebut dapat kita prediksikan bahwa jumlah kuman total pada selada mentah di akibatkan oleh beberapa faktor, dari proses produksi oleh petani maupun proses penjualan di pasar dengan indikator sanitasi dan hyginenya. Bagaimana kondisi penempatan dan perlakuan selada tersebut, hingga sampai ke tangan konsumen.

Oleh karena itu, sebaiknya kita berhati-hati mengkonsumsi selada mentah terutama yang di jual pada pasar tradisional dan kita juga harus memperhatikan kualiatas lingkungan tempat penjualan serta kualitas sayur yang di jual dan di sarankan sebagai konsumen kita harus lebih cermat.


πŸŒΏπŸƒπŸƒ


Referensi:








Related Posts

No comments: